DPRD dan Ombudsman Perkuat Sinergi Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik di Gorontalo

DPRD Provinsi Gorontalo dan Ombudsman RI menjalin sinergi Tingkatkan Pelayanan Publik (sumber foto : SET DPRD)
DPRD Provinsi Gorontalo dan Ombudsman RI menjalin sinergi Tingkatkan Pelayanan Publik (sumber foto : SET DPRD)

KOMPARASI.ID – DPRD Provinsi Gorontalo menerima kunjungan silaturahmi dari Ombudsman Republik Indonesia sebagai upaya memperkuat koordinasi antarlembaga dalam peningkatan pelayanan publik.

Dalam pertemuan tersebut, pimpinan DPRD menekankan pentingnya kolaborasi yang terstruktur dan berkelanjutan agar layanan kepada masyarakat dapat berjalan lebih efektif dan berkualitas.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Ridwan Monoarfa, menyebut kunjungan Ombudsman sebagai momentum produktif untuk menyamakan langkah kedua institusi dalam memastikan pelayanan publik yang lebih baik.

“Pertemuan ini adalah bentuk silaturahim yang saling memuatkan institusi untuk melayani publik. Mereka paham bahwa DPR merupakan tempat masyarakat menyampaikan aduan dan aspirasi. Karena itu, Ombudsman datang dengan tegas menyampaikan komitmen sebagai lembaga pengawas untuk menjalin komunikasi yang baik dengan institusi pelayanan publik,” ujar Ridwan Monoarfa.

Pertemuan tersebut juga membahas peluang perbaikan pelayanan publik dari berbagai sisi, baik administrasi maupun teknis di lapangan.

Baca Juga :  Pansus DPRD Provinsi Gorontalo Koordinasi dengan Pemda Pohuwato, Bahas Transparansi Pertambangan

Selain itu, kunjungan ini menjadi kesempatan bagi DPRD untuk menyambut Kepala Ombudsman Perwakilan Gorontalo yang baru terpilih, yang sekaligus menawarkan penguatan kerja sama dalam memastikan standar pelayanan publik terus meningkat.

“Beliau memperkenalkan diri dan mengajak membangun kerja sama terkait fungsi pelayanan agar berjalan optimal. DPR sebagai lembaga publik tentu memiliki peran dalam menerima aspirasi, keluhan, dan pengawasan. Kolaborasi ini akan sangat membantu,” tambah Ridwan.

DPRD juga menyatakan kesiapan untuk mendorong kerja sama hingga tingkat desa, termasuk melalui sosialisasi mengenai peran Ombudsman. Menurut Ridwan, pemahaman masyarakat tentang lembaga pengawas pelayanan publik tersebut masih belum merata.

“Kalau DPRD semua orang tahu, tapi Ombudsman ini masih banyak yang belum mengenal, khususnya di desa-desa. Karena itu, kami siap bekerja sama untuk melakukan sosialisasi agar masyarakat mengetahui kemana harus mengadu ketika menghadapi persoalan pelayanan publik,” tutupnya.

Silaturahmi ini diharapkan menjadi pijakan awal memperkuat sinergi antara DPRD dan Ombudsman dalam menghadirkan pelayanan publik yang lebih transparan, responsif, dan dapat diakses hingga ke tingkat paling bawah masyarakat Gorontalo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *