KOMPARASI.ID – Tren motor bergaya klasik berkapasitas kecil semakin diminati di berbagai belahan dunia. Di Tiongkok, Wuyang Honda baru saja merilis CGX150 dengan harga 10.580 yuan, atau sekitar Rp. 22,72 juta.
Bandingkan dengan Honda CB150 Verza CW di Indonesia yang dijual Rp22,79 juta, selisihnya tipis. Tapi soal tampilan, CGX150 benar-benar bikin kepincut, terutama bagi pecinta motor retro.
CGX150 hadir dengan kombinasi warna yang memukau. Rangka hitam dipadukan dengan aksen kromium yang mewah.
Kesan klasik era 80-an begitu terasa pada motor ini. Salah satu daya tarik utamanya adalah knalpot besar yang dilapisi kromium dari pangkal hingga ujung, memberi kesan gagah meski kapasitas mesin hanya 155 cc.
Tak kalah menarik, bagian mesin dan rangka disemprot dengan cat hitam glossy, yang memberikan kontras menawan dengan elemen kromium.
Motor ini juga dibekali suspensi belakang dual shock yang mengilap, lengkap dengan behel belakang beraksen krom.
Spakbor depan dan belakang, spion, hingga tutup tangki semuanya mendapat sentuhan kromium, semakin menegaskan nuansa vintage.
Jok motor didesain rata dan berwarna hitam, memberikan kenyamanan ekstra saat diajak berkendara jarak jauh.
Meski tampil klasik, CGX150 tetap menawarkan fitur modern. Panel instrumen menggabungkan sistem mekanis dan LCD, menampilkan informasi lengkap mulai dari rpm, kecepatan, volume bahan bakar, hingga indikator engine check.
Lampu depan bundar ala motor jadul juga dilengkapi dengan DRL dan teknologi LED, memberikan perpaduan sempurna antara gaya klasik dan fungsionalitas modern.
Dimensi dan Performa
Honda CGX150 memiliki dimensi panjang 1.960 mm, lebar 780 mm, dan tinggi 1.014 mm, dengan jarak sumbu roda 1.308 mm.
Posisi sadel setinggi 740 mm dan ground clearance 160 mm membuatnya cukup nyaman untuk pengendara dengan tinggi 160-170 cm.
Bobotnya yang hanya 125 kg menjadikannya mudah dikendalikan, cocok untuk pemakaian harian. Untuk menambah kesan klasik, motor ini menggunakan pelek 17 inci dengan ban tubeless profil 90/90 di depan dan 110/80 di belakang.
Sistem pengereman juga sudah mengusung cakram besar di depan dan belakang, dilengkapi ABS single channel untuk keamanan ekstra.
Jantung Pacu yang Andal
Honda CGX150 dibekali mesin 155 cc dengan sistem injeksi (PGM-Fi), memiliki rasio kompresi 9,5:1 dan ukuran diameter langkah 57,3 x 57,8 mm.
Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 8,8 kW pada 7.500 rpm dan torsi puncak 12,5 Nm pada 5.500 rpm.
Menurut data pabrikan, CGX150 sanggup menaklukkan tanjakan dengan sudut kemiringan 30 derajat dan mampu melaju hingga kecepatan maksimum 98 km/jam.
Harga dan Spesifikasi yang Menggiurkan, Tapi Belum Tersedia di Indonesia
Melihat harga dan spesifikasi yang ditawarkan, CGX150 terasa sangat kompetitif di pasar. Sayangnya, Astra Honda Motor (AHM) belum membawa motor ini ke Indonesia.
Padahal, Yamaha sudah lebih dulu memasarkan motor neo klasik XSR 155 di sini. Masih ada celah yang bisa dimanfaatkan di segmen motor klasik kecil ini.
Namun, jika Anda penggemar modifikasi dan ingin mengubah Honda Verza menjadi motor klasik, CGX150 bisa menjadi inspirasi yang menarik.
Dengan tampilan retro dan sentuhan modern, motor ini menawarkan keseimbangan sempurna antara gaya dan fungsionalitas.
**Cek berita dan artikel terbaru Komparasi.id dengan mengikuti WhatsApp Channel